Popular Posts

Sejarah

Pada tahun 1986 GKT Hosana (Gereja Induk) membentuk persekutuan wilayah di rumah Ibu Liem Tjoo San Jl. Manyar Kertoarjo I / 40, Surabaya. Persekutuan perdana ini dihadiri oleh sekitar 8 orang antara lain Alm Bpk Pdt. Philip Wangsa, Alm Ev. Lenny Asikin, keluarga Ibu Liem serta para tetangga.

Setelah persekutuan dewasa berjalan beberapa bulan, kemudian dirintislah kebaktian sekolah minggu yang dihadiri oleh ± 50 anak. Pada saat itu belum terbentuk kepengurusan sehingga Ibu Ong Ay Ing, Ibu Lie Sue Hong dan Ibu Tan Lan Ing yang mengkoordinir pelayanan di Persekutuan Wilayah Timur baik dewasa maupun sekolah minggu.

Setelah berjalan sekitar 2 tahun, jumlah jemaat semakin banyak, baik dewasa maupun sekolah minggu maka keluarga Ibu Liem merasa perlu untuk merenovasi rumahnya. Sementara renovasi, persekutuan dewasa dipindahkan ke rumah Bpk.John Harnanto di jalan Manyar Kertoarjo no 86 Surabaya, sedangkan sekolah minggu meminjam 1 kelas di rumah Bpk. Iwan Koesbianto selama ± 3 bulan.

Persekutuan di rumah Bpk. John Harnanto berlangsung selama 2 tahun (1988–1990). Karena Kel.Bpk. John Harnanto pindah keluar negeri maka persekutuan dewasa dipindahkan ke rumah Bpk. Iwan Koesbianto di jalan Manyar Kertoarjo I/34 Surabaya (1990-1993). Pada Februari 1992 bertepatan dengan perayaan Valentine Day, persekutuan perdana pemuda-remaja dibentuk di rumah Bpk. Iwan Koesbianto.

Persekutuan pemuda-remaja ini dimotori oleh Ev. Lindawati, Sdr. Yunus Sutandio dan Sdri. Ester Koesbianto. Karena kebaktian sekolah minggu, pemuda remaja dan dewasa telah terbentuk maka gereja pusat (GKT Hosana) memutuskan untuk menyewa sebuah rumah di jalan Kertajaya Indah III / F-603 selama 3 tahun (1994-1997). dan Ev. Ie David yang menggembalakan pada saat itu (1994-1995).

Pada tanggal 09 Juli 1995 persekutuan wilayah timur ini berubah status menjadi Pos PI Manyar dengan kegiatan sbb:

Ibadah Umum Minggu pk 16.00, kehadiran rata-rata 25 orang
Pemuda-Remaja Jumat pk 18.00, kehadiran rata-rata 15 orang
Sekolah Minggu Sabtu pk 16.00, kehadiran rata-rata 35 anak

Hamba Tuhan yang menggembalakan pada saat itu adalah Pdt. Hadi Sugianto Lie,M.Div (1995-sekarang).

Pada pertengahan 1997, Pos PI Manyar dipindahkan ke sebuah Ruko milik Bpk Joshua Yapary di jalan Manyar Kertoarjo V/28 Surabaya selama 2 tahun. Pada akhir 1998 kehadiran jemaat tiap minggu rata-rata 40 orang dan sekolah minggu rata-rata 45 anak. Karena jumlah jemaat yang terus berkembang maka majelis GKT Hosana memutuskan mencari tempat ibadah yang baru dan pada tahun 1998, kegiatan ibadah dipindahkan ke Bonnet Supermarket di Lt. 3.

Tuhan semakin menambahkan jumlah jemaat yang beribadah di Bonnet sampai pada awal tahun 2003 jumlah rata-rata kehadiran jemaat di Ibadah pagi ± 120 orang dan sekolah minggu ± 50 anak. Kegiatan lain dilakukan di pastori jalan Dharmahusada Utara III / 19 Surabaya antara lain Ibadah sore dihadiri ± 15 orang, Persekutuan Remaja dihadiri ± 30 orang dan Persekutuan Pemuda dihadiri ± 30 orang.

Menjelang akhir th 2003, majelis jemaat GKT Hosana mengambil keputusan untuk mendewasakan Pos PI Manyar dengan masa persiapan 1 tahun (2004-2005). Setelah dievaluasi secara keseluruhan oleh Sinode GKT maka Pos PI Manyar dianggap layak untuk diajukan ke Sidang Sinode GKT untuk didewasakan. Tepatnya tgl 17 Mei 2005 dalam Sidang Sinode ke 22, Pos PI Manyar telah disetujui dan resmi menjadi jemaat mandiri dengan nama “GKT HOSANA BUMI PERMAI”.

Kerinduan jemaat untuk memiliki tempat ibadah sendiri telah dijawab oleh Tuhan. Tuhan menyediakan sebidang tanah seluas 1.580 m2 di Galaxi Bumi Permai F2 no 5-6 Surabaya. Tuhan sungguh telah memimpin langkah demi langkah kepada setiap majelis dan hamba Tuhan, juga tak luput dari peran serta jemaat semuanya baik dalam doa maupun dana. Maka tanah seluas 1.580 m2 bisa terbeli, surat ijin tempat ibadah bisa keluar, upacara peletakan batu pertama telah terlaksana (02 April 2005) dan sekarang gedung GKT Hosana Bumi Permai telah berdiri dengan bangunan seluas 2.214 m2 dan sejak 19 Nopember 2006 seluruh kegiatan gereja telah dipindahkan ke gedung yang baru. Team hamba Tuhan yang melayani saat ini adalah Pdt. Hadi Sugianto Lie,M.Div, Ibu Lisa Huang, Sdri Riescha Yoniarti, S.Th, Sdri Febe Trivena.S.Th.

Akhirnya pada tanggal 25 Mei 2007 gedung GKT Hosana Bumi Permai diresmikan oleh Sinode Gereja Kristus Tuhan. Semua hanya karena kasih dan Anugerah Tuhan semata-mata, dan segala kemuliaan hanya bagi Tuhan.

GKT News

KP Sion