Popular Posts

Pdt. DR. Stephen Tong

Biografi.
Dilahirkan tahun 1940 di Xia Men propinsi Fu Jian Tiongkok, asal suku Fu Zhou, papa meninggal ketika beliau berusia 3 tahun, pada tahun 1949 bersama mama dan saudara-saudara pindah ke Indonesia, belajar di Sekolah Dasar "Min Guang" Surabaya, kemudian melanjutkan studi di Seko¬lah Menengah "Chung Hwa High School" (Chung¬Chung) Surabaya, lulus Sekolah Menengah Atas pada tahun 1958.

Pada tahun 1957 mempersembahkan diri dalam KKR Pdt. DR. Andrew Gih, tahun 1957-1960 selama 3 tahun mengajar dl Sekolah "Zhong Guo Nut Xue” merangkap di Sekolah Malam "Yi Xing" JI. Kalisosok .

Pada tahun 1960 masuk di Madrasah Alkitab Asia Tenggara (sekarang SAAT) Malang, tahun 1964 menerima undangan dari Almamater mengajar Te¬ologi dan Filsafat selama 25 tahun. Di sela waktu itu, setiap Jum'at, Sabtu dan Minggu melayani di T.H.K.T.K.H / GKT - Fuchow Kuoyu Surabaya (sekarang GKA Gloria) sebagai penginjil tetap selama 15 tahun (1964-1979), pada tahun 1987 beliau pindah ke Jakarta,3 mendirikan "Gerakan Reformed Injili". Pada saat men¬jabat sebagai dosen di Malang, sering menerima undangan memimpin KKR di berbagai kota di Indonesia, pada tahun 1968, mulai menerima undangan dari mancanegara untuk memimpin KKR, meliputi Eropa, Amerika. Autralia, Jepang, Hong Kong, Taiwan, Thailand, Vietnam, Filipina, Malaysia, Singapura, dll. Beliau adalah pendeta Tionghoa yang mencapai rekor pendengar terbanyak sepanjang sejarah, selama 54 tahun pendengarnya mencapai 30juta orang, dengan rekor khotbah mencapai 33 ribu kali, keliling dunia 102 kali, juga memimpin KKR di kalangan mahasiswa di berbagai universitas di Amerika termasuk Berkeley Uni¬versity, Stanford University, Boston University, Columbia University, Yale Univer¬sity, dll. Dalam KKR gabungan di berbagai tempat sering memecahkan rekor pendengar terbanyak sepanjang sejarah, selama 54 tahun pendengarnya men¬capai 30 juta orang dengan rekor khotbah mencapal 33 ribu kali, keliling dunia 102 kali, juga memimpin KKR di kalangan mahasiswa di berbagai universitas di Amerika termasuk Berkeley University, Stanford University, Boston University, Columbia University, Yale University, dll. Dalam KKR gabungan di berbagai pen¬dengar kalangan orang Tionghoa sepanjang sejarah, sehingga mendapat julu¬kan "Billy Graham 0riental" juga pengkhotbah yang paling berpengaruh sejak Dr. John Sung. Di Taiwan, Amerika Serikat, banyak di antara para intelektual, ilmuwan, professor yang bertobat bahkan mempersembahkan diri dalam KKR Pdt. DR. Stephen Tong.

Pada tahun 1986 mendirikan "Lembaga Reformed Injili Indonesia" (LRII), ta¬hun 1987 mendirikan "Jakarta Oratorio Society" (JOS) untuk mengembangkan musik rohani, tahun 1989 mendirikan Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII), tahun 1990 mendirikan Sekolah Tinggi Teologi Reformed Injili Indonesia (STT¬RII), tahun 1996 mendirikan "Reformed Institute Washington" Pada 24 tahun yang lalu mengadakan Konser Musik Klasik yang terbesar sepanjang sejarah, yang telah membangkitkan posisi muslk klasik dan musik rohani di Indonesia. Tahun 1978 bersama dengan Dr. Jahja Ling mendirikan "Stephen Tong Evange¬listic Ministries International" (STEMI) yang mengadakan KKR setiap tahun di berbagai kota besar di dunia.

Sejak tahun 2000setiap minggu Pdt. DR. Stephen Tong khotbah keliling di Jakarta, Singapura, Hong Kong, Malaysia dan Taiwan, dengan tidak mengenal lelah setiap minggu berbicara di antara 6.000 pendengar. Di Taiwan memimpin Seminar Teologi selama 20 tahun, yang telah dibukukan menjadi puluhan jenis Buku Teologi dan jutaan kaset, VCD dan DVD yang telah mempengaruhi kekris¬tenan di Indonesia maupun di kalangan orang Tionghoa di dunia. Sejak tahun 2006 mendirikan Katedral Mesias Gereja Reformed Injili Indonesia" dan "Aula John Calvin" yang dapat menampung 6.500 orang, dan telah diresmikan pada tahun 2008, merupakan salah satu Gereja Tionghoa yang terbesar di dunia. Ta¬hun 2009 diresmikan “Aula Simphonia Orchestra Jakarta” (ASJ) terbesar yang menggemparkan dunia musik di Indonesia. dan menarik perhatian para duta besar mancanegara juga pengusaha internasional untuk mengikuti pagelaran musik berkala, di samping itu Pdt. DR. Stephen Tong juga menjabat sebagai dirigen dan pemimpin utamanya. Pada tahun 1984, telah menerima gelar Dok¬tor Honoris Causa dari Manila - Filipina selain itu pada tahun 2008 menerima gelar Doctor of Divinity dari Westminster Theological Seminary, ini adalah suatu kehormatan tertinggi yang diberikan oleh seminary tersebut kepada hamba Tuhan yang bersuku Tionghoa.

Selama 40 tahun lebih para Hamba Tuhan yang dididik di bawah pimpi¬nan Pdt. DR. Stephen Tong baik di dalam maupun di luar negeri tidak kurang dari 2000 orang. Dalam kurun waktu 50 tahun lebih para pemuda yang mem¬persembahkan diri dalam KKR Pdt. DR. Stephen Tong lebih dari 280 ribu orang.

Pada tahun ini Pdt. DR. Stephen Tong yang telah menginjak usia yang ke 70, setiap tahun masih memimpin puluhan KKR di berbagai penjuru dunia, yang dihadiri puluhan ribu pendengar, sungguh sangat menakjubkan.
Di ringkas dari seketariat STEMI

GKT News

KP Sion