Popular Posts

(Berikut adalah kutipan dari Harian Kompas - Edisi 10 Juni 2010, halaman Jawa Timur, J yang mempublikasikan tentang Konferensi) Pendidikan Aletheia 2010

Dalam rangka mengantisipasi tuntutan perubahan situasi kehidupan lokal, nasional dan global. Departemen Pendidikan Kristen Aletheia Sinode Gereja Kristus Tuhan (GKT) menyelenggarakan Konferensi Pendidikan Aletheia (KPA) 2010 pada hari Rabu dan Kamis, 9 dan 10 Juni 2010 di Sekolah Tinggi Theologia (STT) Aletheia Lawang.

Hari pertama konferensi diikuti Koordinator, Kepala dan Wakil Kepala Sekolah Kristen Aletheia (SKA) yang tersebar di Surabaya, Malang, Lumajang, Jember, Genteng, dan Mataram. Hari kedua, peserta konferensi bertambah dengan hadirnya Badan Pengurus (BP) Sinode GKT, Badan Pengelola Pendidikan (BPP) masing–masing SKA, dan para utusan dari 50 jemaat GKT se-Indonesia. Tantangan yang dihadapi dunia pendidikan di Indonesia makin berat, termasuk tantangan yang dihadapi SKA yang telah berusia 37 tahun. Namun, tantangan itu menjadi ringan ketika seluruh pemangku kepentingan SKA bahu–membahu dan bersinergi. Itulah indahnya kebersamaan.
Dengan tema ˝Satu Derap, Satu Tekad, Majukan SKA˝, hasil yang diharapkan konferensi ini adalah jalan baru bagi sinergi SKA-GKT, lukisan besar tentang SKA masa depan, budaya profesionalisme, dan peningkatan kualitas SKA secara berkelanjutan. Sehingga tranformasi SKA menuju sekolah unggulan yang menerapkan sistem manajemen mutu dan makin memberikan sumbangsih signifikan bagi pembangunan manusia Indonesia.
Untuk memenuhi target–target tersebut, tim dari PPPPTK BOE/VEDC yang merupakan lembaga diklat milik Kementerian Pendidikan Nasional yang berkedudukan di Malang menjadi mitra narasumber konferensi ini. VEDC telah menjadi agen dunia industri dalam penyediaan sumber daya manusia yang dibutuhkan berskala nasional dan internasional.
Konferensi yang bersifat komprehensif dan jangka panjang ini membekali para peserta tentang sistem manajemen mutu, kebijakan nasional pendidikan, standar nasional pendidikan, pilar–pilar sekolah efektif, dan kepemimpinan yang efektif. Dialog dilakukan di sepanjang konferensi agar seluruh topik dapat langsung terejawantahkan dalam rencana aksi bersama.


Kompas - Edisi 10 Juni 2010

GKT News

KP Sion