Popular Posts

Bergemuruh, Gunung Sinabung Meletus Lagi

MEDAN, KOMPAS.com — Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, kembali meletus dengan mengeluarkan suara bergemuruh dan mengeluarkan asap tebal.

Informasi dari warga Desa Perteguhan, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Karo, Jumat (3/9/2010) dini hari, Gunung Sinabung tersebut terasa mulai beraktivitas sekitar pukul 04.50 WIB.

Aktivitas gunung tersebut ditandai dengan suara gemuruh disertai dengan gempa vulkanik yang mengejutkan warga. Juga tampak asap tebal keluar dari puncak gunung yang memiliki ketinggian 2.640 meter di atas permukaan laut.

Warga yang tengah berada di rumah-rumah mereka tampak mengambil sikap waspada di depan rumah mereka, demikian juga yang berada di lokasi-lokasi pengungsian.

Guncangan gempa vulkanik yang disertai suara gemuruh terjadi sekitar satu menit lebih. Gunung Sinabung meletus pertama kali pada Minggu (29/8/2010) pukul 00.08 WIB serta mengeluarkan asap dan abu tebal yang disertai lontaran lava pijar.

Gunung tersebut kembali meletus dan mengeluarkan abu tebal pada Senin (30/8/2010) sekitar pukul 06.27 WIB. Akibat musibah itu, puluhan ribu warga telah diungsikan ke sejumlah lokasi yang dianggap aman dengan radius minimal enam kilometer dari kaki gunung itu.

GKT News

KP Sion